Minggu, 10 Februari 2013

Konsep Dasar SMS Gateway Berbasis Visual Basic 6

Untuk Membuat Suatu Aplikasi SMS gateway kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari SMS serta SMS gateway untuk mempermudah anda dalam pembuatan. jadi anda bukan hanya mengerti memakai dan membuat sms gateway. tapi anda juga memahami SMS gateway tersebut.
Pengertian SMS
Short Message Service (SMS) adalah salah satu tipe Instant Messaging (IM) yang memungkinkan user untuk bertukar pesan singkat kapanpun, walaupun user sedang melakukan call data/suara.

SMS  dihantarkan pada channel signal GSM (Global System for Mobile  Communication) teknis ETSI. SMS diaktifkan oleh ETSI dan dijalankan scope 3GPP. SMS juga digunakan pada teknnologi GPRS dan CDMA. SMS menjamin pengiriman pesan oleh jaringan, jika  terjadi kegagalan pesan akan disimpan dahulu di pengiriman paket SMS bersifat out of band dan menggunakan bandwidth rendah.

Semua ponsel memiliki fitur SMS, tidak apakah ponsel tersebut mendukung  3G dengan fasilitas touch screen ataupun ponsel tempo dulu yang hanya memiliki satu baris layer sederhana seperti kalkulator. SMS juga tetap dapat dikirim walaupun ponsel penerima tidak
dalam keadaan aktif dalamlimit waktu tertentu,  sms memiliki active period.

Keterangan SMS Gateway

Pada prinsipnya, SMS Gateway adalah perangkat lunak yang diaplikasikan ke dalam komputer  dan  dengan  memanfaatkan seluler  yang  diintegrasikan  guna mendistribusikan pesan-pesan yang di-generate sistem informasi melalui media SMS yang di-handle oleh jaringan seluler. Beberapa yang umum dikembangkan dalam aplikasi SMS Gateway adalah :

1. Auto Reply
SMS  Gateway  secara  otomatis  akan SMS yang masuk. Contohnya untuk keperluan permintaan informasi misalnya kurs mata uang, jadwal perjalanan, jadwal kuliah,  informasi  krs, dll), dimana  pengirim  mengirimkan  SMS format tertentu yang dikenali
aplikasi, kemudian aplikasi dapat melakukan auto reply dengan membalas sms tersebut ,
berisi informasi yang dibutuhkan.

2. Pengiriman Massal / multiple message
Disebut juga dengan istilah SMS Broadcast, untuk mengirimkan SMS ke banyak  tujuan  sekaligus.  Misalnya,  untuk produk terbaru kepada pelanggan.

3. Pengiriman Terjadwal
Sebuah SMS dapat diatur untuk dikirimkan ke tujuan secara otomatis pada waktu tertentu. 

Mempersiapkan Perangkat SMS Gateway
Langkah-langkah untuk melakukan persiapan adalah sebagai berikut:
 
1. Lakukanlah  proses extract untuk file zip. Kemudian  dari file hasil extract, copykan file mfbus15.dll, mfbus15.ocx,  mfbus15.oca  ke directory windows\system32.

2. Lakukanlah proses registrasi untuk Mobile 1.5 ActiveX Control dengan cara menjalankan perintah regsvr32 mfbus15.ocx command prompt.

3.  Hubungkan Ponsel NOKIA 6110 atau 5110 port COM di komputer menggunakan data yang tersedia. Kemudian aktifkan tersebut.

Beberapa Keterangan.
  • Untuk  mengirim sms, komponen ini memerlukan method MF.sms.sendmessage.
  • Aplikasi ini hanyalah sebuah aplikasi sederhana.

SELAMAT MENCOBA DAN MEMAHAMI SCRIPT SMS GATWAY BERBASIS VISUAL BASIC 6 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'SMS', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5429/1/jurnal%20ebenk.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat