Kamis, 10 Mei 2012

Cara Pasang Script Iklan di Admob

Sejak cari tau tentang admob di Google,  ternyata Admob saat ini mulai banyak dilirik oleh publisher untuk menampilkan iklan diblog maupun website. Iklan dari Admob memang hanya tampil ketika pengunjung membuka blog dari perangkat mobile seperti perambah opera mini di handphone. Iklan tidak akan tampil diblog aslinya yang diakses dari komputer desktop, netbook atau laptop. Jadi jika blog anda banyak dibuka dari ponsel maka manfaatkan dengan memasang iklan dari Admob untuk mendapatkan uang dari klik iklan oleh pengunjung.

Jika anda sudah memasang plugin MobilePress, anda bisa memasang script Admob dengan bantuan dari Aduity yang notabenenya adalah sebagai pembuat plugin MobilePress yang akan menanyangkan iklan didalam template standar MobilePress. Namun ketika artikel ini dibuat, Aduity.com tidak menerima pendaftaran lagi entah kenapa. Akan tetapi jangan kuatir karena masih ada jalan belakang untuk pasang iklan Admob di template Mobilepress secara manual. Kita akan mencoba menyisipkan script Admob kedalam plugin MobilePress agar iklan tampil diblog.


Dibawah ini cara pasang manual script Admob tanpa perlu daftar Aduity:
Setelah anda mendaftar Admob dan menambahkan blog, ambil script php untuk ditempatkan diblog.
Login ke Admob pilih menu “Situs & Apl“, lalu klik “kelola pengaturan” pada blog yang akan diambil scriptnya.
Klik menu “Dapatkan Kode Penerbit” lalu salin script php yang tampil.


1. Masukkan / paste kedalam notepad, pada akhir script tambahkan kode sebagai penutup.

2. Simpan script dengan nama admob.php, jangan lupa pada bagian Save as type: pilih “All files“. Agar lebih mudah simpan saja di desktop komputer.

3. Sekarang saatnya mengupload file admob.php ke folder MobilePress, tepatnya di folder wp-content/plugins/mobilepress/system/themes/default/. Anda bisa menggunakan FTP untuk mengunggah file admob.php, Namun saya menyarankan menggunakan Cpanel hosting karena kita juga akan mengedit file template MobilePress. Oleh karena itu silahkan login ke Cpanel hosting tempat anda menyimpan file-file blog.

4. Di Cpanel pilih menu “File Manager“,

setelah terbuka jendela file manager masuk ke folder (public_html) wp-content –> plugins –>mobilepress –> system –> themes –> default, lalu pilih menu “Upload” yang ada dibagian atas.

5. Kemudian akan terbuka jendela upload file, klik Browse lalu pilih file admob.php yang sudah dibuat pada langkah no.4

6. Setelah upload file selesai, kembali ke jendela File Manager klik satu kali file index.php lalu klik menu Code Editor untuk mengedit file index.php.





Apabila di admob.php masih ada eror cUrl_init(). itu tandanya Hosting/Server anda tidak mendukung cUrl...

setting cUrl. cari file Php.ini di server anda lalu 

0 komentar: