Jumat, 28 Januari 2011

Metoda Transportasi dalam logistik

contoh bagaimana transportasi terkait dengan sistem lainnya

-       Peranan Ekonomi, dalam proses pertumbuhan ekonomi, kebutuhan transportasi terus meningkat. Untuk membantu kelancaran disuatu pasar, supermarket dan lain-lain.
-       Peranan Sosial, dengan adanya transportasi dalam peranan social dapat beriteraksi antara sesama, baik dalam melakukan aktifitas kerja maupun kegiatan masyarakat.
-       Peranan Politik, dengan adanya factor-faktor yang tumbuh pada sector ekonomi tersebut menyebabkan pemerintahan yang ada menjadi makmur dengan banyaknya pemasukan dari pajak.
-       Peranan Lingkungan, penyelenggaraan sistem transportasi di lingkungan, seperti halnya penyediaan transportasi jasa atau barang. Hal tersebut juga membawa efek samping yaitu kecelakaan, polusi udara, getaran, debu.
Metode transportasi berdasarkan 

a.    Barang-barang dengan ukuran besar/berat.
               saya ambil contoh barang batu. Menggunakan transportasi darat seperti truk. barang yang diantarkan akan lebih cepat sampai dan biaya ongkos lebih murah akan tetapi kekurangannya jika terjadi kemacetan maka keuntungan tersebut akan berbalik yaitu sampai lama dan ongkos jalan akan lebih banyak dan salah satu kekurangan lainnya adalah barang yang akan diangkut lebih sedikit.
              Akan tetapi jika tujuan pengangkutan jauh seperti antar propinsi yang jauh atau antar Negara (Contoh barang seperti export batu bara) sebaiknya digunakan metode transportasi laut (air). Keuntungannya adalah daya muat barang yang banyak menyebabkan biaya ongkos kirim menjadi lebih murah. Kerugiannnya adalah lamanya waktu yang diperlukan dari pada menggunakan moda darat.

b.   Barang-barang pecah belah / barang yang mudah rusak.
               Saya ambil contoh barang yaitu gelas dan piring. Metode transportasi yang digunakan melalui darat, dikarnakan untuk menghindari kerusakan pada barang tersebut.

c.    Barang-barang yang memiliki harga akhir / barang murah.
              Saya ambil contoh barang yaitu sayuran. Dengan metode darat, mobil truk atau mobil box, akan tetapi dilihat dari jarak yang ditempuh, menggunakan metode transportasi darat harus memiliki jarak tempuh yang dekat, apabila jarak tempuh jauh sebaiknya menggunakan transportasi laut dengan biaya oprasional yang murah barang bias sampai tujuan dengan aman.

0 komentar: